Selasa, 26 Oktober 2010

aku seorang paraplegia

                Mungkin bagi orang awam kata paraplegia sangat asing ditelinga mereka...Sebaliknya,bagi paramedis jelas sudah tau apa itu paraplegia..Paraplegia merupakan kondisi kecacatan bagi seseorang yang mengalami kelumpuhan pada bagian bawah tubuh mereka akibat cedera pada sumsum tulang belakang.Cedera ini disebabkan oleh berbagai hal semisal kecelakaan lalulintas,jatuh dari ketinggian,atau karena suatu penyakit.Cedera pada sumsum tulang belakang yang mengenai sistem saraf pusat tidak hanya menyebabkan kelumpuhan pada ke2 tungkai saja,namun juga seluruh sistem tubuh dibawah level cedera ikut terganggu.

               Aku sendiri penderita paraplegia,yang disebabkan karena kecelakaan lalu lintas,bis yang aku tumpangi tabrakan....Tapi alhamdulillah allah masih memberiku kesempatan hidup tuk ke2 kalinya,meski aku sudah merasakan sakaratul maut. 
Singkat cerita....,setelah beberapa saat di rawat,dokter memvonisku paraplegi...Bagai petir di siang bolong aku mendengar vonis dokter...kata dokter ruas ke6 tulang belakang patah,karena tidak segera mendapat pertolongan akhirnya sumsum  tulang belakang mengering.Tindakan dokter memasang pen ditulang belakang.Aku paraplegi mulai dari batas perut ke bawah,aku tidak bisa merasakan sama sekali.Kakiku bisa bergerak tapi itu gerakan reflek,bahasa medisnya spatic(kekejangan pada otot2),kalau spatic perut jadi kaku.Yang kurasakan dikaki hanya rasa kesemutan bahasa jawane geringgingen... 
Dari awal paraplegi tambah lagi penderitaanku...karena rumahsakit pertama kali yang merawatku fokus pada luka dikepala,mereka tidak membolehkan aku bergerak yang akhirnya menyebabkan eehmm...dekubitus...entahlah ini keteledoran pasien atau perawat.....Bukan hanya satu tempat tapi tiga tempat sekaligus selain terlalu lama berbaring kulitku memang sensitif.Sampai sekarang dekubitus masih ada,tinggal 1 tempat,kira2 udah 4 kali dioperasi..mudah2an dekubitus cepat enyah dari tubuhku...Makanya temen2 paraplegia,jangan sampai kalian kena dekubitus..atur posisi tidur kalian...Aku dirawat di Rs total 9 bln.Ikhtiar udah kemana2..takdirku memang harus begini,paraplegi seumur hidup...Alhmdulillah sampai sekarang aku masih bisa bertahan hidup....Keluhanku sekarang,..kalau duduk terlalu lama kaki bengkak & pinggang pegel,sering infeksi kandung kemih,BAK & BAB sampe sekarang tidak terasa.Obat yang aku minum tidak ada,hanya sesekali konsumsi antibiotik..yang paling bagus,memperbanyak minum air putih supaya fungsi ginjal tetap oke..
               Mngenai kehidupanku sekarang....alhamdulillah aku bisa mandiri,pengalamanku dirawat di RSOP SOLO membuahkan hasil...hidupku tidak begitu tergantung  orang lain...naik turun kursi roda bs sendiri...Aku merasa ini udah  suatu anugerah dari allah swt..Aku harus tetap semangat  meski aku paraplegia.. Kalau kita menjalaninya dengan sabar dan ikhlas maka semua itu tidak terasa berat bagi kita...Setuju ?????....                                            
Untuk mengisi hari hariku,aku merajut & menyulam...makhlum bisanya cuma itu,aku tidak memiliki keahlian khusus...
              Pengalamanku ini,semoga bermanfaat bagi penderita paraplegia yang lain....(bermanfaat nggak ya?????).....KEEP  THE SPIRIT...
         
AKU TiDAK AKAN  SANGGUP MENGUBAH MASA YANG TELAH BERLALU,SEBAGAIMANA AKU TIDAK BISA MENGETAHUI APA YANG AKAN TERJADI HARI ESOK...MENGAPA AKU HARUS MENYESAL & TERUS GELISAH???...HIDUP ADALAH PILIHAN,APAPUN YG TERJADI KITA HARUS JALANI...^-^


                          
Tak ada manusia yang terlahir sempurna...
Jangan kau sesali segala yang telah terjadi..
 Kita pasti pernah dapatkan cobaan yang berat...
 Seakan hidup ini tak ada artinya lagi...
 Syukuri apa yang ada,hidup adalah anugerah...
 Tetap jalani hidup ini...
 Melakukan yang terbaik...
 Tuhan pastikan menunjukan kebesaran dan kuasanya...
 Bagi hambanya yang sabar dan tak kenal putus asa ...(DMASIV)

7 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat inspiratif..... mbak putri ada akun FB atau email yg bs dhubungi ???

dewi supomo mengatakan...

salam kenal...
trima kasih comentnya..
email:dewisupomo73@gmail.com..

Anonim mengatakan...

Salam kenal mbak,saya juga mengalami seperti mbak
persis sama,tpi yg ingin saya tanyakan apakah kaki mbak bsa diluruskan??

Anonim mengatakan...

Karna kaki saya sekarang bengkok tdak bsaa diluruskan setelah dioperasi pemasangan pen

dewi supomo mengatakan...

Alhamdulillah tidak bengkok..kok sampe bengkok ap gk fisioterapi?punya sosmed?BB ato yg lain?buat silahturahmi

Anonim mengatakan...

Semangat!!! Saya juga merasakan, ketika spatic itu datang, seluruh bagian bawah tubuh mengejang, dan yang hanya saya lakukan berusaha untuk tetap tenang.

Anonim mengatakan...

Monggo silaturahmi ke blog saya aditiyanurblog.wordpress.com